Administrasi Negara Fisip Unsa Makassar Bedah Buku Perilaku Birokrasi

MAKASSAR – Prodi Administarsi Negara FISIP Univerisitas Sawerigading (UNSA) Makassar menggelar bedah buku berjudul, Perilaku Birokrat dalam Penyelenggaran Otonomi Daerah di Kota Makassar.

Buku ini ditulis oleh dosen Administrasi Negara Fisip Unsa, Dr. Dety Yunita Sulanjari, M.Si.

Kegiatan ini digelar di  Laboratorium FISIP UNSA, Sabtu (29/9/2018) kampus Unsa Jl. Kandea I Makassar

Acara dibuka Rektor Unsa Makassar,  Prof. Dr. Andi Melantik Rompegading, SH., MH. Pada sambutannya mengapresiasi kegiatan ini dan  bersyukur  Dety Yunita melakukan bedah bukunya.

Prof Melantik berharap buku yang ditulis itu,  mampu memberi pencerahan,  karena Dety ahli di bidang administrasi  negara  yang bisa memberi manfaat.

Selain itu juga  membuka pikiran  semua tentang makna dari perilaku birokrat.  Buku ini bukan hanya sekedar buku tapi berdasarkan penelitian mendalam dari  penulisnya. 

Rektor inginkan dosen lain bisa mengikuti jejak  Dety untuk membuat buku dan membedahnya karena memberikan maanfaat,  bukan hanya ke penulisnya tapi kepada semua orang yang ikuit dalam bedah buku tersebut, tegas Guru Besar Ilmu Hukum Unsa itu.

Dety Yunita  menuturkan,  birokrasi  zaman sentarlisasi dan desentaralisasi kalau melihat dari fenomena.

Ada banyak perbedaan dari masa desentarilsasi misalnya jaman Orde Baru dan Orde Lama ada perubahan manajemen, ucap doktor S3 Administari Publik Unhas  2016 ini.

Pembedah buku,  Ahmad Syaekhu S.Pd. M.Si mengatakan perilaku birokrat itu harus ada perubahan seiring perkembangan masyarakat dengan teknologi informasi 4.0, katanya.

Perilaku birokrasi berjalan dengan baik,  tetapi pada prinsipnya malah semakin banyak yang korupsi, itu salah satu contoh perilaku, tegas Ahmad.

Saya tidak sepaham dikatakana penulis buku,  bahwa program kerja birokrat itu harus dari atas kebawah, itu salah karena program kerja birokrat itu dari bawah keatas.

Karena orang-orang yang ada dibawah itu tahu dan paham betul apa-apa yang menjadi kendala dilapangan.

Tampil selaku pembedah adalah, Ketua Prodi Administrasi Negara Fisip Unsa, Sulfianna, S.Sos, M.Si dan Kepala Laboratorium Administrasi dan Kebijakan Publik Fisip Unsa,  Ahmad Syaekhu SPd. MSi.

Acara dipandu moderator, Drs Andi Pasong MSi menghadirkan  para mahasiswa dan   Bendahara Yayasan Perguruan Sawerigading,  Umar Kamaruddin MSi, Wakil Rektor II Dr H Muh Hasyim SH MH dan Wakil Rektor  III Dr Amran Syahruddin MHum MM.

Dekan Fisip Unsa Dr Muhammad Yahya MSi, Prodi Sosiologi Unsa Dr Adi Sumandiyar S.Sos MSi, Kepala Laboratorium Sosiologi Fisip Unsa, Dr. Arda, M.Si  serta beberapa dosen dan mahasiswa lainnya.

Panitia pelaksanan pada acara bedah buku ini, Laboratorium Administrasi dan Kebijakan Publik serta Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Administrasi Negara.

Tampil bertanya pada bedah buku itu di antaranya; Amran Syahruddin, Umar Kamaruddin, Muh Hasyim, Arda, Adi Sumandiyar, Putri dan  Ikmal Umar. ( darsil yahya m).

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of