Dosen UNSA Makassar Lakukan Penelitian di Singkawang Kalimantan Barat

Sebanyak 2 (dua) Dosen Universitas Sawerigading (UNSA) Makassar melakukan Penelitian Pendidikan Etnis Tionghoa di Singkawang Kalimantan Barat, Senin-Minggu (1-7/3/2021).

Kedua dosen tersebut yakni, Prof. Dr. A. Melantik Rompegading, S.H., M.H yang juga merupakan Rektor UNSA Makassar dan Irwan, S.Pd., M.Pd selaku Dosen FISIP-UNSA Makassar.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dinamika kehidupan sosial etnis Tionghoa yang ada di Singkawang, dimana etnis Tionghoa disini sangatlah berbeda dengan kehidupan yang ada di Kota lain.

Tak banyak diketahui bahwa etnis Tionghoa di daerah Singkawang sangatlah miskin, bahkan beberapa dari anak-anak mereka hanya lulus Sekolah Dasar (SD) kemudian langsung mencari pekerjaan.

Hal tersebut dikarenakan tidak ada nya biaya dan pekerjaan yang memadai untuk melanjutkan sekolah ke tingkatan yang lebih tinggi.

Inilah yang menjadi salah 1 (satu) alasan kedua dosen UNSA Makassar itu melakukan penelitian di Kota Singkawang, selain itu juga karena kota tersebut merupakan kota yang unik.

Dosen peneliti Irwan mengatakan, dengan fenomena-fenomena sosial yang kami temukan di Singkawang ini akan menjadi bahan atau tema-tema penelitian teman yang lain, ujarnya,

“Semoga Kota Singkawang kedepannya bisa menjadi kota pariwisata karena masih mempertahankan bangunan kuno sampai saat ini, dimana hal tersebut tentu menjadi daya tarik wisatawan”,

Selain itu, hal yang menarik lainnya ialah adanya acara Cap Go Meh setiap tahun baru China dan mereka termasuk etnis masyarakat yang yang saling menghargai dengan etnis lainnya, tandasnya. (Ros)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of