Ketua Penjaminan Mutu UNSA: Dr Dety Yunita Sulanjari, S.Sos, M.S

Persiapkan Standar Operasional Kegiatan Pembelajaran

DETY YUNITA SULANJARI atau akrab dipanggil Nita, kelahiran Banjarmasin, 17 Juni 1971. Nita adalah anak ke  tiga dari empat bersaudar dari pasangan Sunarto (ayah) dengan  Yelli Ariati (ibu).  Menikah dengan Maman (suami) tahun 2011 lalu.

Latar belakang pendidikan, mulai dari SD hingga perguruan tinggi diselesaikan di Makassar, Sulawesi Selatan. Masuk  sekolah  dasar di SD Negeri Kompleks Mangkura Makassar selesai tahun 1984, SMP Negeri 3 Makassar, selesai tahun 1987, SMA Negeri 2 Makassar selesai 1990.

Setelah tamat lanjut S1 Ilmu Komunikasi Unhas, selesai tahun 1994. Program Magister (S2) Ilmu Administrasi Pembangunan Unhas selesai 2004. Dan untuk progam doktoral (S3) Ilmu Administrasi  Publik Unhas selesai 2016. Untuk disertasi S3 mengambil judul “Perilaku Birokrat Dalam Penyelenggaraan Otonomi Daerah di Kantor Pemerintahan Kota Makassar”.

Menjadi tenaga dosen di kampus Universitas Sawerigading sejak tahun 2006. Dua tahun kemudian, yakni tahun 2008  diangkat menjadi  Ketua Program Studi Administrasi Negara pada Fakultas Fisipol Unsa. Dan kemudian di akhir 2015  diangkat menjadi Dekan Fakultas Fisipol Unsa. Sejak 2016 kembali di beri amanah menjadi Ketua Penjaminan Mutu Unsa.

Menjaga kualitas mutu dalam proses pembelajaran menjadi tanggung jawab lembaga yang dipimpinnya. Salah satu yang gencar dilakukan adalah mempersiapkan standar operasional (SOP) bagi semua elemen proses pembelajaran mencakup Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sudah banyak karya ilmiah yang dihasilkan, diantaranya 2004 menulis “Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Keterampilan Otomotif di BLKI Makassar”. Tahun 2010 menulis “Implementasi Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) di Kelurahan Parang Layang, Kota Makassar (Jurnal Hipotesis tahun ke2 no.3 ISSN 2085-465x.

Pada tahun yang sama juga menghasilkan karya ilmiah tentang “Kesenian Tradisional Sinrilik dalam Menyampaikan Informasi Pembangunan (Jurnal Hipotesis Tahun ke2 ISSN 2085-45x.

Tahun 2012 menulis tentang “Identifikasi Masyarakat Miskin Perkotaan di Kota Makassar ( Penelitian Dosen Muda), dan tahun 2014 menulis tentang  “Peranan Wanita Nelayan dalam Meningkatkan Ekonomi Rumah Tangga di Kota Makassar.

Selain itu Nita juga beberapa kali mengikuti seminar, yakni tahun 2010 Orientasi Pengembangan  Pendamping Kemahssiwaan (OPPEK) yang diselenggarakan oleh  Kementerian Pendidikan Nasional (DIKTI) dan 2015 seminar tentang  Pengembangan Kapasitas  Pemerintah Daerah  Menghadapi ASEAN Economic Community 2015 yang diselenggarakan oleh  IAPA. (ulla)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of