Fakultas Teknik Unsa Anjangsana di PT Maccon Kabupaten Maros

Maros – Fakultas Teknik (FT) Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar melakukan kunjungan industri di PT. Maccon Generasi Mandiri bersama peserta Studi Lapang di Desa Pakbentengan Kabupaten Maros, Kamis (18/2/2020)

Saat di lokasi Rombongan FT-Unsa dan peserta studi lapang disambut oeh Berikut bagian HRD PT Maccon yakni bapak sultan Alaudin S.Psi.

Dalam sambutannya bapak Sultan Alaudin menjelaskan secara singkat tentang keunggulan dari bata ringan hasil produksi yang rama lingkungan ini.

Ditemui Media Dekan Teknik Unsa ST. Aminah H. umar, S. Kom., MT., mengatakan, seiring pemaparan tersebut Staf PT maccon mengajak rombongan untuk melihat proses produksi, antara lain pertama pemilihan bahan kualitas terbaik yaitu pasir silika, pasir siliki yang di datangkan khusus , karenan tidak semua pasir dapat diolah, ujarnya.

Setelah pemilihan bahan, bahan di distribusikan ke mesin pencampuran bahan , setelah melalui proses pencampuran, bahan telah siap , kemudian bahan dimasukkan ke dalam wadah pencetakan yang telah di standarkan dari pihak perusahaan, Ucapnya.

Lalu bahan material yang telah di masukkan ke dalam wadah pencetakan , akan melalui proses pengerasan material bahan sehingga menjadi padat , dalam prosesnya tim quality control akan selalu memantau kualitas bahan, apakah sesuai atau tidak. Jika sudah sesuai, bahan material yang telah padat atau mengeras, akan masuk ke proses pelepasan, sambunya.

” Nah dari cetakan yang di lakukan mesin robot. Selanjutnya akan melalui proses cutting agar presisi besar bata, sama besar dalam prosesnya semua dilakukan mesin robot, setelah proses cutting selesai maka akan melalui proses pembakaran selama 9 – 12 jam sekali hingga bata ringan matang”, Jelasnya.

Dalam proses pembakaran PT. Maccon menggunakan kulit kemiri sebagai bahan bakar, Setelah proses pembakaran akan di lakukan proses pendinginan, lanjut melalui proses pecking dan siap di distribusikan, Lugasnya.

Sering di sapa Ibu Aminah ini juga menambahkan kunjungan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan terhadap proses pembuatan bata, terlebih lagi FT-Unsa dapat bekerja sama dengan PT. Maccon dan membentuk nota kesepahaman, Tegasnya.

” Semoga kunjungan ini dapat terjalin kerjasama yang baik melalui kegiatan-kegiatan selanjutnya seperti penelitian bagi mahasiswa dan dosen dilingkup fakultas teknik”, Tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan Ketua Program Studi Ir. Hj. Reny Murniati MT dan Dosen lingkup Fakuktas Teknik Unsa, di bawah kepemimpinan Rektor Unsa Prof. Dr. Andi Melantik Rompegading, SH., MH.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of