Kepala Perpustakaan Unsa: Jumalia, S.Pd

Perpustakaan Indikator Perkembangan dan Pertumbuhan Kampus

Jumalia, lahir di Ujungpandang, 23 Februari 1979. Dia adalah anak ke 4 dari 5 bersaudara dari pasangan H. Pannu (alm) dengan Hj Jaleh.

Melihat latar belakang pendidikan, masuk sekolah dasar di SDN 4 Maccini Makassar, kemudian lanjut SMP  Muhammadiyah I Makassar dan SMA Perguruan Islam Makassar selesai 1995.

Setelah tamat SMA dia lanjut studi S1 di FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar, Jurusan Matematika selesai 2010, kemudian lanjut program magister (S2)  UNM,  Program Studi Matematika saat ini masih dalam tahap penyelesaian.

Menjadi dosen di Unsa sejak  2011  di FKIP,  prodi  matematika. Tahun 2013 ditunjuk menjadi penanggungjawab Perpustakaan Unsa.

Selama ini,  dia juga memiliki kesibukan, selain mengajar  di Unsa, dia juga mengajar dibeberapa tempat,  sepert  di SMP Negeri  5 Makassar  2015 – sekarang, mengajar Matematika  di SMP Madani tahun 2010, SMP –SMA Tri Dharma  2011 – 2013.

Sekolah lainnya di  SMP Negeri Prakarya 2015- sekarang, SMP DH Pepabri Makassar 2012 – 2014. Dan juga mengajar di SDN Maccini 2 Makassar. Selain  mengajar, dia juga adalah petugas Susenas 2016.

Selama kurang lebih tiga tahun menjadi penanggungjawab perpustakaan, mahasiswa semakin antusias mencari informasi di perpustakaan, khususnya terkait penulisan skripsi, jurnal dan sebagian lagi mencari buku-buku cerpen. Begitu pula dosen banyak yang mencari buku untuk keperluan penyusunan bahan ajar.

Posisi perpustakaan di kampus menjadi jantung dan pusat pertumbuhan dan perkembangan kampus. Maju dan mundurnya kampus dapat diamati dari dinamika perpustakaan dari segi koleksi buku, jurnal dan terbitan ilmiah lainnya, tandas Jumalia.

Seiring dengan waktu, koleksi buku  yang ada diperpustakaan juga semakin bertambah, Beberapa buku yang ada adalah sumbangan dari para alumni, dosen, dari penerbit Ombak dan juga bantan buku dari Kopertis.

Terkait dengan tugasnya, dia juga sering diundang  menjadi peserta workshop yang diadakan oleh  Ikatan Pustakawan Indoneia Sulsel, Badan Perpustkaan dan Arsip Daerah serta sering ikut kegiatan yang dilaksanakan Kopertis. (ulla)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of