Dosen Teknik Unsa Ikut Pelatihan Kekayaan Intelektual

MAKASSAR – Dua dosen Fakultas Teknik Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar mengikuti pelatihan kekayaan intelektual (pendampingan drafting paten 2018), Senin (3/12/2018) di Hotel Arthama Makassar.

Kegiatan tersebut diadakan  oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual , Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti serta bekerjasama dengan Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan.

Dua dosen yang ikut yakni; Dekan Teknik Unsa, St. Amina H Umar, S.Kom.,MT dan Ketua Prodi Teknik Elektro, Ir. RA Reny Murniati, MT.

Kepada media, Senin (3/12/2018), Dekan Teknik, St Amina H Umar menjelaskan bahwa pelatihan ini akan diadakan sealama dua hari mulai tanggal 3-4 Desember 2018.

Selain itu dijelaskan tujuan kegiatan ini untuk memanfaatkan sistem HKI dan paten dalam kegiatan penelitian dan pengembangan serta komersialisasi kekayaan intekektual (KI) .

Dimana setiap perguruan tinggi yang mempunyai penelitiaan yang berpotensi paten semestinya mempunyai sentra HKI yang bertujuan melakukan percepatan perolehan granted atau sertifikat paten, katanya.

Serta pemeliharaan paten dan melakukaj percepatan hilir atau komersialisasi terutama penelitian dosen dalam skema terapan yang mempunyai output penelitian paten.

Tampil sebagai pembicara dalam kegiatan itu yakni; Drs. Juldin Bahriansyah, Kasubdit valuasi dan fasilitas KI, Adi Susanto, SH.,MH  dari Kemenkumham dan Prof Abubakar Tawali dari Universitas Hasanuddin. (ma’ruf)

 

 

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of