Fisip Unsa Makassar Inovasi Media Pembelajaran Daring Pakai Google Classroom

MAKASSAR – Beradaptasi dengan perubahan zaman yang sangat luar biasa cepat pada era Revolusi Industri 4.0, maka media pembelajaran juga dilakukan inovasi dengan memperkenalkan pembelajaran dalam jaringan (daring) pakai media Google Classroom.

Demikian ditegaskan Dekan Fisip Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar,  Dr. Muhammad Yahya, M.Si kepada media Senin (19/11/2018).

Dijelaskan, pola pembelajaran daring Google Classroom ini cukup efesien dan efektif bagi mahasiswa. Kondisi kekinian sudah tidak ada lagi mahasiswa yang tidak punya HP Android.

Google Classroom yang mulai di coba pada semester ganjil tahun 2018, cukup diminati mahasiswa. Tugas dan informasi perkuliahan diberikan lewat Google dengan menggunakan alamat email, gmail.com, tandas doktor sosiologi PPs-UNM ini.

Pola ini menjadikan mahasiswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Juga semakin aktif  diskusi antara sesama mahasiswa dengan SAP mata pelajaran setiap kali pertemuan, tandas sarjana ilmu politik Fisip Unhas 1989 ini.

Mahasiswa Prodi Admistrasi Negara, Sultan Wijaya menilai, pembelajaran online memudahkan siapa saja untuk belajar tanpa terikat waktu dan tempat.

Asalkan ada jaringan internet, proses pembelajaran dapat dilakukan interaksi tanpa dibatasi oleh waktu dan ruang, tegas mahasiswa angkatan 2018 ini.

Hal sama juga ditegaskan mahasiswa lainnya, Sitti Rugaya Yusuf aplikasi pembelajaran ini memudahkan menyelesaikan tugas dan tidak perlu lagi repot mencatat di kertas.

Tinggal membuka aplikasi dan menjawab tugas yang diberikan dosen. Pola ini sangat memudahkan dan efesien dalam pembelajaran, tegasnya.

Mahasiswa lainnya, Putri Ayu Hamdan menilai, aplikasi belajar online sangat memudahkan tanpa repot mencatat. Walaupun tidak hadir secara fisik di kelas, tetap tidak ketinggalan pembelajaran dan tugas karena ada di Google Clasroom, tandasnya.

Tanggapan lain datang dari Asrul Usman, menurutnya pembelajaran ini sangat efesien di era milenial. Saya setuju dengan pembelajaran ini dan saya terus aktif setiap mengikuti proses pembelajaran, katanya.

Aplikasi online pembelajaran membantu dan memudahkan pembelajaran dapat mengerjakan tugas kapan dan dimana saja. Selain itu dapat saling membagi pengetahuan mata kuliah sesama teman dengan sangat cepat pula, kata Firdawanti.

Media pembelajaran online ini sangat membantu mahasiswa lebih cepat mengetahui dan memahami materi kuliah secara aktual yang dapat menambah wawasan, tegas Irin Febrianingsih Dahlan.  (ma’ruf)

 

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of