Universitas Sawerigading Gelar Sosialisasi Publikasi Ilmiah

 Laporan: Muh Ma’ruf, Mahasiswa Sosiologi Fisip Unsa Makassar

 MAKASSAR.- Civitas akademika kampus Universitas Sawerigading (UNSA) Makassar, Kamis (30/11/2017) menggelar Sosialisasi Publikasi Ilmiah 2017, di ruang Laboratorium Fakultas Hukum Jl. Kandea Makassar.

Nara sumber dalam sosialisas itu, adalah para dosen UNSA peserta kegiatan serupa Selasa (28/11/2017) di Kantor Kopertis Wilayah IX Sulawesi  digelar   Kemenristekdikti lewat Subdit Fasilitasi Publikasi Ilmiah Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intektual. 

Dosen yang ikut dalam sosialisasi di Kopertis IX   yakni; Dekan Fisip, Dr. Muhammad Yahya, M.Si; Kaprodi S1 Sosiologi, Dr. Adi Sumandiyar, S.Sos, M.Si; Kaprodi S1 Bahasa Indonesia, Isnani Arianti, S.Pd, M.Pd; Ahmad Syekhu, S.Pd, M.Si dan Hasruddin Nur, S.Pd, M.Pd.

Pemaparan materi dibawakan Dekan Fisip Unsa, Dr.Muhammad Yahya, M.Si dan Ketua Prodi Sosiologi Fisip Unsa, Dr.Adi Sumandiyar, S.Sos, M.Si.

Peserta sosialisasi di antaranya; Rektor Unsa, Prof Dr H.Melantik Rompegading, SH, MH, Wakil Rektor I Unsa, Dra.Hj. Mardiani, M.Hum, Dekan Fakultas Tehnik, Aminah Umar, ST, MT.Kom, Dekan Hukum, Dr.Hj. Asma, SH, MH serta para dosen Unsa.

Para dosen membagi pengetahuan dan pengalaman dari materi yang diperoleh  ikut workshop, pelatihan sejenisnya patut menjadi tradisi akademik di kampus, tandas Yahya di awal pemaparan.

Membagi pengetahuan dan keterampilan seperti ini akan memberi nilai tawar bagi para dosen serta lembaga kampus ke depan semakin berdaya saing, ungkap doktor sosiologi politik PPs-UNM ini.

Materi yang disajikan selama sosialisasi itu, menulis buku ajar dan etika publikasi, publikasi jurnal ilmiah dan pengenalan google scholar.

Buku ajar menjadi rujuan dan cuan dalam proses pembelajaran antara dosen dan mahasiswa.

Penulisan buku ajar ini biasanya pembahasan disesuaikan dengan materi bahan ajar setiap kali pertemuan dalam kelas minimal 14 kali untuk satu semester, tandas doktor sosiologi PPs-UNM ini.

Masalah bagi para dosen Unsa, karya tulis ilmiah, buku ajar dan sejenisnya masing sangat minim yang terakses di google schlorar dan SINTA, kata Adisumandiyar

Kesempatan itu juga dijelaskan arti penting Science and Trchnology Index (SINTA) bagi pengembangan karier dosen serta peringkat dan daya saing kampus, tegas Ketua IKA Unsa ini. (*)

 

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of