Lawatan LLDIKTI IX Sulawesi di Amerika Serikat: APB Universitas Temple 5 Milyar Dollar AS Terbesar Kesejahteraan Dosen

 PHILADELPIA – Pimpinan PTS  dengan ketua rombongan Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr. Jasruddin, M.Si, melakukan short course membahas tentang tata kelola menuju PT unggul di era milenial di Universitas Temple Filadelphia, Selasa (20/11/2019).

Selama penerimaan pihak manajemen kampus  membawakan materi cukup menarik dan membuka wawasan bagi para pimpinan kampus yang ikut dalam program ini.

Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr. H. Muh Rahman Rahim, SE, MM yang ikut dalam rombongan ini kepada media Selasa (20/11/2018) dari Philadelpia melaporkan.

Mr. Ken Kaiser, CFO, Temple University dengan materi, Manajemen Keuangan di Sistem Pendidikan Tinggi AS.

Pada pemaparannya menarik perhatian peserta dia katakana, Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB), Universitas Temple per tahun mencapai 5 Milyard Dollar Amerika Serikat.

Dana sebesar itu dialokasikan terbesar untuk kesejahteraan para dosen selain itu juga untuk  pemenuhan fasilitas fisik guna mendukung kualitas proses pembelajaran, kata doktor ekonomi Islam PPs-Unair Surabaya 2012 ini.

Selain itu  sumber pendapatan kampus  juga banyak berasal dari bisnis  yang  dijalankan oleh Universitas Temple, antara lain rumah sakit, restaurant, apartemen, super market.

Pendapatan lainnya ada subsidi dari pemerintah federal maupun dari pemerintah pusat, kata pria kelahiran Sengkang 25 Agustus 1963 ini.

Pihak universitas mempekerjakan 12.000 dosen dan staf,  diantaranya ada  6.000, dipekerjakan  untuk unit bisnis  yang  mereka jalankan itu, kata Dekan FE Unismuh Makassar 2005-2006.   

Kampus ini cukup mandiri dalam pembiayaan karena dari pemerintah mereka hanya dapat sekitar 13 persen  dari total APB setiap tahun.

Materi lain dibawakan oleh Dr. Gina  mengurai tentang acreditation dan quality assurance, kampus ini  sangat konsisten dalam audit san pengawasan mutu proses pendidikannya, kata  Pembantu Dekan I FE Unismuh Makassar  2001 – 2005

Hal itu dilakukan melalui audit mutu internal dan mutu ekternalnya  dengan melibatkan banyak stacholders daam penilaian termasuk pengguna alumni

Turut hadir dalam rombongan di antaranya; Rektor Universitas Islam Makassar, Dr. Ir. Madjah Muhyiddin, M.Si, Rektor Universitas Sawerigading Makassar, Prof Dr. Melantik Rompegading, SH, MH, Rektor Unasman, Dr. Chuduriah Sahabuddin, M.Si.

Peserta lainnya, Ketua YPUP, Ir. Asrul Rahim, M.Si, Ketua STIE Amkop Makassar, Dr. Bakhtiar Maddatuang, M.Si, Ketua STIKES Mega Buana Palopo, Dr. Nilawati Uly, S.Si, S.pt, M.Kes.

Ada juga Rektor Universitas Cokroaminoto Makassar, Dr. Andi Asdar, SE, M.Si; mantan Rektor UMI Makassar, Prof Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, M.Hum.

Dosen UMI Makassar, Prof Dr. Andi Muin Fahmal, SH, MH, dosen PPs-STIE Amkop, Dr. Umi Farida, SE, M.Si serta dosen lainnya. (yahya)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of