Prof Jasruddin : Pilih Perguruan Tinggi Lihat Akreditasinya

MAKASSAR – Para calon mahasiswa yang akan memilih perguruan tinggi yang pertama harus dilihat dan diperhatikan adalah status akreditasinya.

Demikian ditegaskan Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr.Jasruddin, M.Si, didampingi Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi, Munawir  Sadzali Razak, S.IP, MA.

Saat membuka Sosialisasi Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi Versi 3.0, di aula Ridwan Saleh Mattayang Kantor LLDIKTI IX Makassar, Senin (12/10/2018).

Dijelaskan, calon mahasiswa  harus dicermati adalah status akreditasi prodi dan akreditasi institusi.

Kenyataan kampus di jajaran LLDIKTI IX selama ini, masih cukup banyak status akreditasi institusi dengan nilai C, nilai B masih sangat sedikit dan belum ada kampus dengan nilai akreditasi instusi  A, tegas mantan Direktur PPs-UNM ini.

Saya tidak percaya begitu banyak PTS yang prodi yang bisa meraih nilai akreditasi A, tetapi ada dua masalah jadi penghambat pertama tidak terampil isi borang serta kedua tidak paham mengisi borang, ungkap doktor fisika PPs-ITB ini.

Prof Jas panggilan akrab Jasruddin berharap, lewat sosialisasi yang dilaksanakan dengan mendatangkan nara sumber yang juga tim asesor BAN-PT.

Tentu  akan memberikan semacam persamaan persepsi dan keterampilan saat mengisi borang di kampus masing-masing, tegasnya.

Perlu juga mendapat perhatian kalau ada nilai akreditasi B kemudian turun jadi C, ini akan jadi lucu dan aneh, sehingga perlu perhatian.

Kalau ada kondisi demikian yang terjadi maka mahasiswa perlu dikasi tahu agar hati-hati pilih prodi tersebut, tandasnya. (yahya)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of