Susanti I Mutia Lagaligo Syahadat, S.Sos, M.Si Ketua Yayasan Perguruan Sawerigading Universitas Sawerigading Makassar

Tantangan UNSA Membangun Infrastruktur

KETUA Yayasan Perguruan Sawerigading Universitas Sawerigading (UNSA) Makassar, Susanti I. Mutia Lagaligo Syahadat, S.Sos, M.Si  mengatakan, salah satu tantangan sekaliguspekerjaan rumah agar UNSA  tetap eksis sejajar perguruan tinggi yang lebih maju, adalah fokus pada  pembangunan infrastruktur.

Selain itu adalah  peningkatan kapasitas sumber daya dosen serta mempersiapkan proses Akreditasi BAN-PT pada semua prodi yang ada.

 “Inilah kondisi obyektif UNSA yang harus dibenahi bersama untuk dapat mengejar ketertinggalannya,”ujarnya ditemui di Makassar beberapa waktu lalu.

Menyinggung  SDM dimiliki UNSA, disebutkan Susanti, sudah ada beberapa  tenaga dosen sementara mengikuti program S3 (doktor) dan sebagian besar dalam proses penyelesaian.

Berharap jika proses akreditasi ini berjalan sebagaimana yang diharapkan maka pihak yayasan akan mendukung rencana pembukaan program S2 untuk ilmu hukum. “Kita berharap akreditasinya baik, maka segera kita akan buka program S2 untuk ilmu hukum,”janji Susanti anak ke 2 dari Lagaligo Syahadat.

Mahasiswa S3 Administrasi Publik PPs-Universitas 17 Agustus Surabaya ini, menegaskan, perguruan Sawerigading ini harus kita besarkan dan untuk mewujudkan ini dibutuhkan kerja keras, kerja yang sunguh-sungguh dan kerjasama antar berbagai pihak.

Dari pihak Yayasan Perguruan Sawerigading telah menyadari banyak kendala dalam mewujudkan harapan tersebut, terutama masalah manajerial, sumber dana untuk pembiayaan, kesejahteraan dosen dan staf serta masalah kemahasiswaan.

Tentang kemahasiswaan, disebutkan Susanti bahwa salah satu faktor utama kelangsungan perguruan tinggi adalah seberapa banyak mahasiswa yang mampu direkrut setiap tahunnya. Dan semakin banyak mahasiswa yang direkrut setiap tahunnya menunjukkan kemajuan perguruan tinggi tersebut.

 Begitu pula sebaliknya semakin sedikit mahasiswa yang mampu direkrut menunjukkan perguruan tinggi tersebut kurang diminati dan inilah yang melandasi mengapa ini harus menjadi perhatian  bagi pengelola pendidikan.  

Dan berharap wisuda yang dilaksanakan menjadi momentum untuk mengevaluasi kelebihan dan kukurangan untuk melihat tantangan dan peluang yang lebih besar bagi UNSA kedepan. (ulla)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of