Webinar 30 Menit Menemukan Novelty Penelitian, FISIP UNSA Makassar dan Literacy Institute Kendari Bekerjsama

Makassar – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sawerigading (UNSA) Makassar dan Literacy Institute Kendari bekerjasama menggelar Webinar 30 Menit Menemukan Novelty Penelitian, Sabtu (13/3/2021).

Kegiatan tersebut berlangsung secara daring (online) melalui aplikasi Zoom dengan mengangkat tema “Tips 30 Menit Menemukan Novelty Dalam Penelitian”.

Webinar kali ini kembali menghadirkan narasumber yakni, Dr. Ambo Upe, S.Sos., M.Si sebagai Direktur Literacy Institute Kendari dipandu oleh Faturachman Alputra, S.S.IP., M.A sebagai moderator.

Pada penyampaian materinya, Dr. Ambo menjelaskan cara pendekatan dalam menemukan Novelty melalui langkah perspektif, objektif, metode dan lokus/ waktu,

Ditengah penjelasannya ia juga mempraktikkan penggunaan software Publish of Perish dan VosViewer yang dimana kedua software ini secara umum bertujuan sebagai Analisis data bibliometrik,

Secara visual melalui mapping tools sangat dibutuhkan agar memperoleh gambaran dan berbagai informasi perkembangan bidang ilmu dan kinerja riset yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Dekan FISIP UNSA Makassar, Dr. Adi Sumandiyar, S.Sos., M.Si mengatakan, dengan mengikuti webinar ini akan memudahkan bagi calon peneliti untuk merumuskan penelitian yang disesuaikan dengan kondisi yang terbaru, ujarnya,

“Dengan menemukan novelty menggunakan aplikasi Publish of Perish dan VosViewer bisa menghasilkan penelitian yang berkualitas, tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan yakni, beberapa dosen dari UNSA Makassar maupun Dosen Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, dan para peserta lainnya. (Ros)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of